1. Layanan pada bidang informasi
pada layanan ini, diberikan kemudahan untuk mengelola, mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk dapat menunjang keputusan, memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk menyelesaikan suatu masalah.
contoh dari layanan telematikanya
- Laporan mengenai kondisi mata uang per hari
- Laporan mengenai informasi dunia
2. Layanan dibidang keamanan
layanan ini memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga suatu data dan informasi yang ada pada jaringan. contohnya adalah
- Antivirus agar program yang terdapat pada komputer tidak dapat terinfeksi, tercemar
- firewall, agar data yang terakses pada internet dapat terjaga dengan baik
3. Layanan Telematika context aware dan event based
context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari user dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user, contoh dari layanan telematika context aware dan event based :
- Location-based service mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada
4. Layanan perbaikan sumber
dalam hal ini adalah membantu SDM melakukan tugas tugasnya sehingga hasil yang didapatkan akan lebih baik.
sumber :
http://scribd.com/doc/42654932/Pengantar-Telematika-4ka04-Layanan-Telematika
No comments:
Post a Comment