Tuesday, March 25, 2014

Manusia dan Kebudayaan - Tugas IBD

Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak atau untuk lebih mudahnya kebudayaan adalah keseluruhan yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adapt, serta kemampuan dan kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat(EB Taylor, 1832 –1917).
Dari definisi diatas,dapat digambarkan bahwa manusia sebenarnya tidak mungkin lepas dalam kehidupan manusia. Kita melakukan berbagai aktifitas pasti ada unsur kebudayaannya contohlah seperti masuk sekolah yang tidak boleh telat,jika telat pasti akan ada sanksinya. Kegiatan memberikan sanksi inilah bisa disebut juga dengan penegasan kebudayaan,kenapa? agar dibiasakan untuk bangun pagi dan bisa memulai aktivitas pada pagi hari karena nantinya pada dunia kerja,kita harus berangkat pagi ke kantor pagi hari. Hal tersebut termasuk dalam kebudayaan yang bersifat adaptasi. Ada pula contoh lainnya yaitu ketika sedang ingin memancing ikan. Pada saat memancing,kita membutuhkan suatu alat yang bernama pancingan ikan atau tidak suatu jaring. Mengapa kita menggunakan benda tersebut untuk memancing dan tidak menggunakan alat lain yang baru? Karena dahulu kala nenek moyang kita menemukan alat pancing dan secara turun temurun orang-orang menggunakan alat pancing tersebut karena dinilai berhasil dan efisien untuk digunakan,dalam hal ini bisa dibilang pula kebudayaan sebagai ilmu pengetahuan. Contoh lain lagi adalah saat kita berkunjung kerumah orang lain,kita terbiasa mengucapkan salam sebelum masuk kerumahnya,hal tersebut tanpa disadari adalah suatu bentuk budaya dimana setiap kali kita berkunjung,kita harus mengucapkan salam.
Kaitan antara manusia dan kebudayaan itu sungguh erat,dimana seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa kebudayaan itu berada di setiap kehidupan kita sehari hari,dia mencakup keseluruhan hal dalam hidup manusia walaupun bisa dibilang abstrak karena tanpa kita sadari hal yang kita lakukan itu sebenarnya adalah suatu budaya. Kebudayaan tidak akan mungkin hilang dari kehidupan manusia karena jika suatu budaya lama hilang karena tergantikan dengan sesuatu hal yang baru,maka hal baru inilah yang akan menjadi budaya contohnya adalah jaman dahulu orang sering mengirim surat untuk berkirim kabar dengan sanak saudara atau teman,namun dijaman sekarang kita hanya perlu mengirim pesan lewat SMS yang bisa kita lakukan dari handphone kita atau bahkan kita bisa melakukan chat yang lebih efisien dibanding mengirim surat karena kita harus menulis suratnya dahulu,kemudian membeli perangko dan pergi ke kantor pos untuk mengirim surat tersebut. Jadi,hubungan manusia dan kebudayaan itu tidak mungkin habis,sampai akhir jaman pun pasti akan ada suatu kebudayaan di dalam suatu masyarakat. Manusia membutuhkan suatu kebudayaan agar hidupnya lebih harmonis atau tentram.

No comments:

Post a Comment