Saturday, November 30, 2013

Tugas Ilmu Sosial Dasar 6, Pelapisan sosial dan kesamaan derajat

Jika membicarakan Pelapisan sosial dan kesamaan derajat,tentu diseluruh negeri ada kasus mengenai hal tersebut namun saya akan ambil contoh di Indonesia. Pada zaman kerajaan dahulu,di lingkungan sosial terbagi menjadi bebearapa kasta. kasta ini sama halnya dengan kesamaan derajat seperti kaum bangsawan,kaum golongan menengah,dan kaum golongan bawah. perbedaan ini menunjukan tingkatan kedudukan mereka di lingkungan sosial. tentunya yang paling atas adalah yang paling dihormati. tindakan perlakuannya sangat berbeda. Pelapisan sosial dan kesamaan derajat tersebut tidak hanya terjadi pada zaman dahulu kala namun sampai masa kini juga masih sering ditemukan hal-hal seperti itu.

Salah satu contoh yang sering saya lihat adalah mengenai kasus yang ada sangkut pautnya dengan pelapisan sosial adalah hak akan kesehatan. ada suatu program kesehatan bagi kalangan miskin yang disebut dengan kartu ASKES (kartu Asuransi Sehat),kartu tersebut berguna untuk memperbolehkan sang pasien yang miskin tersebut untuk dapat berobat secara gratis. namun pada praktek lapangannya,masyarakat miskin yang menggunakan kartu ASKES ini sering ditolak berobat oleh pihak rumah sakit,sementara jika kaum berada,tentu mereka boleh berobat dikarenakan mereka membayar. sungguh sayang karena fungsi dari kartu ASKES tersebut tidak berjalan dengan baik. kasus lain adalah kesamaan derajat adalah paham dahulu yang mengenai perempuan tidak boleh pulang kerja malam dikarenakan prasangka buruk yang tidak baik,padahal niat wanita yang bekerja itu baik adanya,yaitu mencari nafkah,bekerja sampai malam,untuk menghidupi dirinya sendiri. berbeda dengan kaum pria yang memang sudah lazim saja jika pulang kerja malam. perbedaan pandangan inilah yang membuat kesamaan derajat mereka sebagai bekerja menjadi berbeda,namun untungnya paham seperti itu sudah mulai menghilang dari masyarakat sehingga tidak terlalu dipermasalahkan kembali. Ada juga kasus lain yang tidak selamanya buruk yaitu contohnya adalah dikelas. ada yang pintar dan ada yang kurang pintar. biasanya jika anak yang kurang pintar tersadar dan bergaul dengan anak yang kurang pintar,maka dia akan memotivasi dirinya untuk bisa sejajar dengan yang pintar.

Maka dari itu,Pelapisan Sosial maupun kesamaan derajat harus ditanggapi dengan baik dan apabila memang tidak bisa diperlakukan secara sama,berilah suatu ruang agar mereka,kaum golongan bawah,mempunyai akses yang sama dengan kaum diatasnya

No comments:

Post a Comment