Wednesday, October 8, 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar – Manusia dan Kegelisahan

Nama : Bayu Fadjar Pratama
NPM : 11113663
Kelas : 1KA01


Didalam hati manusia banyak sekali perasaan,ada rasa senang,sedih gembira,kesal,marah,haru dan masih banyak lagi ekspressi lainnya. Kegelisahan atau sering kali juga disebut kecemasan adalah salah satu dari perasaan tersebut. Kegelisahan adalah timbulnya perasaan yang tidak mengenakan pada hati kita. Biasanya kita gelisah ketika melakukan hal-hal yang tahu hal tersebut salah atau terkadang kita gelisah karena firasat saja. Semua orang pasti pernah merasakaan kegelisahan dan itu hal yang wajar. Biasanya beberapa kecemasan atau kegelisahan yang sering muncul adalah karena pendidikan yaitu berupa ujian,sosial bisa berupa cinta dan juga pertemanan dan yang terakhir adalah masalah keuangan yang ada sangkut pautnya dengan kehidupan sehari-hari.

Ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan hal tersebut seperti contohnya adalah rasa keterasingan. Keterasingan adalah rasa dimana kita merasa tidak familiar dengan lingkungan kita berada. Kita akan merasa cemas biasanya karena kita harus beradaptasi dengan lingkungan yang ada terlebih dahulu. Contoh dari hal ini adalah ketika kita menjadi seorang siswa dan pindah ke kelas baru. Terkadang beberapa siswa merasa cemas karena ia akan masuk ke lingkungan yang baru,yang asing bagi dirinya. Ketika seorang siswa baru ini sudah bisa berbaur maka rasa cemas akan terasingkan akan hilang. Kalau belom bisa berbaur maka akan masuk ke contoh lain dari penyebab kecemasan atau kegelisahan yang selanjutnya yaitu kesendirian atau merasa sendiri. Ketika kita tidak bisa membaur dengan orang lain maka kita akan merasa bahwa kita tidak mempunyai seseorang yang dapat kita ajak bicara atau seorang sahabat/teman. Orang yang merasa sendirian ini akan lebih sulit lagi untuk berbaur karena biasanya kasus orang-orang yang merasa sendirian itu masalahnya ada pada orangnya tersebut. Mungkin ada yang mengartikannya sama dengan kesepian namun bagi saya berbeda artinya. Kesepian itu dia lebih merasa tidak dicintai atau dia tidak dianggap sama sekali oleh lingkungannya bahkan lingkungan keluarganya sendiri. Ini adalah dampak psikologis dari rasa kesendirian tersebut. Biasanya rasa kesepian itu muncul ketika seseorang sudah tidak mempunyai orang tua,atau ketika tidak ada pendamping hidup atau lebih kecilnya lagi adalah tidak mempunyai seorang pacar. Rasa kesepian ini pada umumnya sering dirasakan pada remaja yang masih labil.

Kemudian yang selanjutnya adalah ketidak pastian. Ketidak pastian itu sebenarnya artinya luas dan sering dipakai diberbagai bidang,tergantung kebutuhan atau tergantung situasi. Namun secara garis besar ketidak pastian adalah suatu perasaan atau ungkapan ketika kita merasa tidak yakin akan suatu hal. Contohnya adalah ketika kamu sedang ujian dan ada jawaban yang hampir mirip atau sama maka kamu merasa tidak pasti untuk memilih jawaban yang benar. Biasanya untuk menghilangkan rasa ketidak pastian ini kita perlu menenangkan diri kita sendiri dahulu kemudian yakinkan diri kita untuk dapat memilih dengan pasti apa yang kita ingingkan dan jangan takut untuk memilih. Dengan begitu rasa ketidak pastian kita akan hilang. Dan

No comments:

Post a Comment