Wednesday, October 8, 2014

Tugas Ilmu Budaya Dasar – Manusia dan tanggung jawab

Nama : Bayu Fadjar Pratama
NPM : 11113663
Kelas : 1KA01


Setiap manusia dalam menjalankan tugasnya,kalau ia bekerja secara baik pasti dia akan merasa dia harus melakukan tugasnya dengan penuh hati dan juga tanpa rasa halangan apapun. Hal ini bisa saya sebut sebagai rasa tanggung jawab. Rasa tanggung jawab itu biasanya kita rasakan ketika kita sedang melakukan sesuatu dan merasa kita berbuat yang terbaik untuk tugas tersebut. Contoh tanggung jawab adalah ketika kita menjadi ketua kelas atau pengurus kelas. Ketika kita bertugas sebagai pengurus kelas,kita harus bekerja sebaik mungkin agar tugas yang kita emban dapat berjalan dengan lancar

Biasanya semakin tinggi jabatan yang kita emban maka semakin tinggi pula tanggung jawab yang kita pegang. Contohlah Presiden,ia mempunyai tanggung jawab yang besar sebagai kepala Negara untuk mengurus dan menjalankan pemerintahan dengan baik. Kalau dia gagal mengemban tanggung jawabnya dengan baik maka hal yang buruk dapat terjadi. Dalam mengemban tanggung jawab tentu kita mengorbankan sesuatu juga seperti tenaga,pikiran,waktu dan juga keuangan kita. Pengorbanan adalah suatu pemberian atau tindakan yang didasarkan oleh keikhlasan semata. Jadi orang yang berkorban untuk pekerjaan yang dia lakukan dia biasanya akan senang hati melakukan hal tersebut.

Disamping pengorbanan dan tanggung jawab,manusia juga kalau dia sudah sangat erat dengan pekerjaannya maka dia akan mengabdi pada tugas yang dia emban. Sebenarnya pengabdian dan pengorbanan itu hampir sama. Mungkin kalau pengorbanan itu tanpa rasa pamrih dan pengabdian itu dia tulus melakukan sesuatu yang ia cintai.

Contoh yang paling banyak dari ketiga wujud ini,yaitu tanggung jawab,pengorbanan dan pengabdian adalah sosok seorang guru. Guru bisa saya bilang adalah pahlawan tanpa tanda jasa bagi banyak orang didunia. Tidak bisa kita pungkiri,kalau tanpa guru,bagaimana kita dapat mempelajari sesuatu. Memang kita sebenarnya dapat belajar suatu hal sendiri tapi alangkah lebih baik kalau ada guru sehingga kita dapat bertanya pada yang ahli.

Pekerjaan yang baik kalau didasarkan oleh rasa tanggung jawab,pengorbanan bahkan pengabdian maka kita akan mengerjakan sesuatu hal tanpa rasa pamrih sehingga kita melakukannya dengan rasa senang hati

No comments:

Post a Comment