Wednesday, November 27, 2013

Tugas Ilmu sosial dasar 9. IPTEK dan Kemiskinan

Di era yang maju ini,hampir segala hal dikaitkan dengan teknologi digital dan hal tersebut berkaitan dengan ilmu pengetahuan teknologi atau yang biasa kita sebut sebagai IPTEK. sebagai manusia yang lahir dan hidup di era serba maju atau digital ini,maka ada baiknya kita perlu menguasai atau mengetahui beberapa hal IPTEK agar kita dapat menggunakan perangkat teknologi dengan baik.

kemajuan teknologi yang beredar sekarang tentunya membawa kemajuan di berbagai sektor,contohnya adalah pengiriman uang. Jaman dahulu untuk mengirimkan uang,kita hanya dapat menggunakan jasa layanan Pos namun sekarang berkat kemajuan teknologi komunikasi,pengiriman uang tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya melalui ATM,bahkan jika malas keluar rumah kita dapat mengandalkan layanan mobile banking dari bank tempat kita menabung. contoh lain adalah dalam sektor Pendidikan. dengan menggunakan teknologi komputer,maka untuk mengkoreksi jawaban dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. jadi dapat dilihat bahwa kemajuan teknologi itu diperuntukan untuk memudahkan kita melakukan berbagai macam hal. Namun disisi lain ada pula dampak negatif dari kemajuan teknologi ini yaitu contohnya pada sektor industri atau pabrik,kebanyakan sumber daya manusia sudah mulai beralih ke suatu sumber yang saya sebut sumber daya robot. Hal ini tentu merugikan para pekerja karena dengan digantikannya mereka dengan para robot maka mereka akan jadi pengangguran dan tingkat pengangguran akan meningkat. walaupun niatnya perusahaan mungkin baik yaitu untuk meminimalisir tingkat kecelakaan kerja namun hal tersebut tidak dapat dianggap baik sepenuhnya. contoh lain adalah pada tempat parkir dimana bagian ticketing tempat parkir untuk masuknya sudah menggunakan teknologi robot.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemajuan IPTEK memang sangatlah penting,kita perlu mempelajari agar kita tidak ketinggalan zaman. Namun ada baiknya jika kita menyaring semua ilmu itu,tidak semena-mena melupakan kemungkinan dampak negatif yang dapat dihasilkan karena seperti contoh diatas,penggunaan teknologi yang maju dapat menyebabkan pengangguran dan juga dapat meningkatkan tingkat kemiskinan yang ada.

No comments:

Post a Comment