Friday, November 29, 2013

Tugas Ilmu Sosial Dasar 10. Agama dan Masyarakat

Di dunia ini banyak sekali manusia yang hidup,masing masing dari mereka memeluk agama yang berbeda beda. apakah anda mengetahui arti agama itu sendiri? agama dapat diartikan sebagai sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. dengan kata lain,Agama dapat bersifat mengikat dan "menempel" pada masing masing individu. Ada 5 agama besar yang ada di dunia yaitu Islam,Kristen,Katolik,Hindu, dan Budha.

Walau terdapat banyak agama,namun tidak agama yang mengajarkan hal hal yang buruk itu dapat dilakukan,pasti seluruh agama mengajarkan hal hal yang baik untuk di dunia. di masa kini,ada beberapa kalangan yang memandang sebelah mata beberapa komunitas pemeluk agama tertentu. contoh saja adalah belum lama ini terdapat kasus pembakaran gereja oleh beberapa oknum yang diduga pemeluk agama Islam. Secara logika,seharusnya mereka tidak melakukan hal tersebut,namun untuk kaum yang seperti ini dapat dikatakan sebagai kaum ekstrimis. kaum ekstrimis itu adalah kaum yang memandang suatu agama terlalu keras ataupun terlalu fanatik.contohnya adalah agama Islam karena saya pribadi pemeluk agama tersebut. Dalam agama Islam,sering diajarkan kalau orang yang diluar agama dapat dikatakan sebagai kafir. mungkin karena ajaran yang seperti itulah maka ada beberapa agama yang bersikap ekstrim

seharusnya,dengan adanya perbedaan justru menguatkan dan mengajarkan kita bahwa kita harus menghargai suatu perbedaan dan menjunjung tinggi persatuan. Dalam setiap agama juga mengajarkan pastinya bahwa kita harus menghargai masing masing agama yang ada. Jika hal-hal seperti kejadian ekstrimis seperti contoh yang disebutkan diatas terus terjadi,maka bisa saja bahwa nanti akan ada peperangan yang didasarkan pada perbedaan agama,seperti perang salib pada jaman dahulu.

No comments:

Post a Comment