Tuesday, November 26, 2013

Tugas Ilmu Sosial Dasar 7. Masyarakat Kota danPedesaan

Suatu hari ada seorang bernama Ridho,dia tinggal disalah satu desa di Jawa Barat. Suatu saat,Ridho berkeinginan untuk pindah kekota Jakarta karena ia mempunyai rencana untuk memperbaiki hidupnya disana,dia membayangkan bahwa bekerja di kota akan lebih sejahtera dibandingkan bekerja di pedesaan. Pergilah Ridho kekota dan menjalani hidup susah dan senang tinggal di perkotaan. Itulah tadi penggambaran sayamengenai alas an mengapa banyak orang pedesaan itu sangat tertarik untuk pindah keperkotaan,yaitu isu bahwa bekerja di kota akan lebih sejahtera dibandingkan dengan tinggal di pedesaan.
Dari hal tersebut diatas,saya merasa bahwa hal itulah yang menyebabkan permasalahan penduduk di ibukota Jakarta sekarang ini.Karena banyaknya masyarakat Pedesaan yang pindah kekota,maka permasalahan di kota semakin lama semakin banyak. Mungkin ada yang berpikir bahwa masyarakat dikota pasti juga dulunya dari desa,lalu,kalau memang masyarakat kota jaman dahulu ada yang berasal daridesa,mengapa tidak menimbulkan masalah dari dulu? Jawabannya bagi saya adalah keadaan dahulu kala tidak serumit sekarang. Contohnya saja adalah perumahan. Bisa kita bayangkan pada saat kota besar seperti Jakarta yang dahulunya masih mempunyai banyak ruang yang dapat dibangun rumah,seiring waktu karena makin banyaknya pendatang dari luar kota tersebut (dan khususnya dari pedesaan) menyebabkan ruang tersebut semakin lama semakin sedikit dan memaksa beberapa pendatang untuk tinggal didaerah yang tidak layak seperti pinggiran rel kereta dan pinggiran sungai. Contoh lain adalah masalah pekerjaan, dikarenakan sudah banyak orang yang tinggal di Kota (entah itu karena seseorang lahir di kota tersebut dan sampai kerja dia tetap tinggal di situ atau pendatang dari luar kota tersebut) maka mendapatkan pekerjaan pun semakin lama semakin susah dikarenakan persaingan yang makin ketat,dan karena hal ini dapat menimbulkan masalah lain yaitu masalah kejahatan. Dikarenakan seseorang tidak mendapatkan pekerjaan,pada suatu kondisi yang sudah sangat tertekan,seseorang dapat melakukan tindakan kejahatan/criminal dikarenakan tuntutan kebutuhan hidup yang tinggi di perkotaan.



Sebenarnya,masyarakat desa tidak seharusnya berpikiran lagi kalau hidup di kota bisa membuat tingkat kesejahteraan hidup lebih baik dibandingkan kerja di desa karena keadaan rumit perkotaan sekarang ini. Akan lebih baik jika masyarakat desa berpikir untuk membuat desanya maju,tentunya dalam bidang ekonomi karena hal itu adalah hal penting. Contohnya saja jika ada seseorang pengrajin atau pengusaha hasil desa di pedesaan tersebut dan mengajak masyarakat yang tadinya hanya mengandalkan penghasilan dari persawahan saja untuk ikut bekerja sama menjadi pengrajin,tentu saja itu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa tersebut.Diperlukan kerjasama yang kuat antara warga desa untuk membangun desanya lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment