Monday, July 14, 2014

Manusia dan keadilan - Tugas Ilmu Budaya Dasar

Manusia dan Keadilan
Nama : Bayu Fadjar Pratama
NPM : 11113663
Kelas : 1KA01

Keadilan sering kali menjadi isu yang penting dikalangan manusia. Dari beberapa sumber yang saya cari keadilan lebih tepatnya adalah keadaan yang sesuai bagi orang yang terlibat. Sebagai contoh adalah ada dua orang anak si A dan si B. si A menggunakan mobil untuk kekampus sementara si B menggunakan motor untuk kekampus. Namun uang jajan mereka sama,seharga 600rb perbulan padahal si A jarak rumah lebih jauh dari si B sehingga membutuhkan uang bensin yang lebih banyak dari B. Hal tersebut menunjukan bahwa adil bukanlah harus sama tapi adil adalah keadaan yang sesuai untuk mereka berdua berdasarkan kondisi yang nyata adanya.

Dalam Pancasila,keadilan juga menjadi salah satu sila dari Pancasila. “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” merupakan sila ke-5 dalam Pancasila. Keadilan sosial disini jika saya cari dari berbagai sumber di internet,dijabarkan menjadi 5 keadilan sosial berdasarkan sikap dan perbuatan. Hal-hal tersebut ialah :
1. Perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan suasana gotong royong
2. Sikap adil terhadap sesama. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain
3. Sikap suka memberikan pertolongan pada orang yang membutuhkan
4. Sikap suka bekerja keras
5. Sikap menghargai karya orang lain yang bermanfaat bagi manusia
6.
Keadilan tersebut tidak hanya berlaku di dunia namun juga sangat berlaku di Akhirat nanti. Pada hari perhitungan,semua kegiatan,semua yang kita lakukan di dunia akan diperhitungkan oleh Tuhan. Entah kita masuk surga atau masuk neraka. Sehingga jika ada beberapa perilaku kejahatan yang belum mendapat keadilan di dunia,maka dia pasti akan menerima ganjarannya,menerima pembalasannya di akhirat nanti sebagai wujud keadilan yang belum ia terima di dunia.

No comments:

Post a Comment