Monday, June 8, 2015

Tugas Softskill Teori Organisasi Umum : Leadership Tokoh

Pada tugas kali ini saya memilih George Washington sebagai tokoh yang akan saya tulis


George Washington
George Washington merupakan tokoh revolusi Amerika Serikat ketika Amerika Serikat berusaha mengusir pasuka Inggris. Berawal dari kehidupan dimiliter,George memulai karir kepemimpinannya sebagai panglima. George merupakan karakter yang tangguh karena dimana ia mengalami kekalahan dan kemenangan,ia tetap berusaha memimpin dengan baik sehingga ia mendapatkan kemenangan yang memenangkan lebih banyak tentara dan membuat para sekutu mengagumi kepemimpinan George Washington dan akhirnya berhasil mengusir pasukan Inggris.
Ada beberapa sifat-sifat atau perilaku yang bisa dibilang menjadi poin penting dari George Washington ini,yaitu :
1. Karakter membangun kredibilitas.
Washington adalah karakter sempurna dan dia memenangkan banyak dukungan sebelum revolusi, selama itu dan setelah itu sebagai Presiden Amerika Serikat.
Lebih dari semua propaganda pemasaran yang dapat dilakukan untuk diri sendiri tentang kemampuan kepemimpinan hebat Anda sendiri; karakter Anda adalah orang yang berbicara paling keras. Banyak orang percaya bahwa kepemimpinan yang besar adalah tentang menjadi vokal dan berbicara tentang pikiran Anda, tetapi karakter Anda yang benar-benar menyebabkan nama Anda akan tersebar.
Bila Anda memiliki karakter hebat, orang bisa mempercayai Anda dan mereka ingin Anda memimpin mereka. Anda tidak perlu untuk mencoba mencari pengikut, Anda menarik mereka. Jadi di manapun Anda berada dalam hidup Anda, fokus pada pembangunan karakter, karena hal ini membangun kredibilitas.
2. Jaga orang-orang Anda
Washington merawatnya dengan baik kesejahteraan prajuritnya ‘selama perang. Ini memenangkan tentara dan sekutunya dan mereka di masa depan berupaya mendorongnya sebagai Komandan dan bahkan sebagai Presiden. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus terus-menerus diperhatikan kesejahteraan anggota tim. Orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu, sampai mereka tahu seberapa banyak Anda peduli.
Dengan benar-benar peduli untuk setiap individu di bawah Anda, Anda menarik mereka ke sisi Anda. Mereka akan memilih untuk mengikuti Anda karena perawatan Anda. Washington bisa melakukannya selama perang, dan sebagai pemimpin di masa damai.

3. Disiplin adalah kunci
Washington melihat bahwa disiplin pasukannya kunci untuk menang melawan Inggris yang unggul dalam segi jumlah. Apapun organisasi atau tim Anda, penting untuk menanamkan disiplin karena disiplin ini akan membantu mereka melakukan tugas mereka dengan keunggulan. Meskipun lebih relevan di militer, tetapi memiliki disiplin dalam organisasi akan membawanya jauh ke depan dalam bentuk apa pun bentuk kompetisi. Upayakan untuk menjalani kehidupan yang membuat perbedaan di dunia ini; memberikan kembali lebih dari apa yang telah diambil dari masyarakat. Hidup Anda akan menjadi kesuksesan sejati.
Dalam pengertiannya, Kepemimpinan merupakan suatu tindakan mempengaruhi atau mencontohkan suatu hal dari pemimpin kepada pengikutnya atau anak buahnya. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang bisa berkepemimpinan baik yaitu: kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, dan intensitas.
Dalam keterangan singkat mengenai kepemimpinan,George Washington adalah salah satu orang yang memang patut dibilang mempunyai sifat natural sebagai pemimpin. Konsep pemikiran dia mengenai karakter yang membangun kredibilitas dan sifatnya yang peduli dengan kawan-kawannya adalah salah satu contoh sikap pemimpin yang patut dimiliki.
Itulah tadi beberapa ulasan bahasan saya membahas mengenai kepemimpinan suatu tokoh.

No comments:

Post a Comment