Monday, June 22, 2015

Tugas Teori Organisasi Umum 2 - Atasan muda dalam mendevelop sebuah tim

Menjadi pemimpin muda untuk mendevelop atau memimpin sebuah tim

Dalam suatu organisasi tim,contohnya di perusahaan dan tempat kerja lain-lain,sering ditemui adanya atasan yang lebih muda dibandingkan bawahannya. Biasanya atasan muda adalah atasan yang berumur sekitar 25 tahun bahkan baru lulus dari perkuliahan S1 ia dalam beberapa waktu bekerja ditempatnya langsung menjabat posisi yang strategis. Hal ini sering kali menemui beberapa kendala. Kendalanya yaitu bawahan yang terutama lebih tua akan merasa tersaingi bahkan lebih parahnya adalah merasa iri atau sakit hati karena merasa dirinya dipimpin oleh yang masih muda bahkan jauh lebih muda dari dirinya. Sebenarnya saya liat hal ini jangan menjadikan sang pemimpin atau atasan muda tersebut menjadi suatu halangan untuk maju dan berkembang.
Menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah,apalagi ketika pemimpin tersebut mengetuai bawahan yang lebih tua dibanding dirinya. Ada langkah yang harus diambil untuk membuat agar para bawahan tua ini mau bekerjasama dengan baik dengan atasan yang lebih muda. Beberapa ini adalah langkah-langkah yang menurut saya dapat diambil oleh pemimpin/atasan muda agar dapat bekerja dengan baik.
1. Mempunyai niat dan juga keinginan yang kuat
Sebagai seorang atasan atau pemimpin,sudah selayaknya mempunyai niat dan keinginan yang kuat untuk bekerja dan maju lebih baik. Point ini juga harus ditanamkan kepada para bawahan agar mereka dapat bekerjasama dengan baik,sadar akan pentingnya tugas yang mereka lakukan dan memberikan gambaran bahwa anda sebagai atasan muda memang mempunai kredibilitas yang baik,niat dan keinginan yang tidak kalah dengan yang tua
2. Mempunyai Tujuan yang sangat cemerlang
Biasanya atasan muda suka diremehkan dengan cara mereka menangani suatu tugas karena dianggap belom lama berpengalaman. Hal ini memang benar namun bukan berarti menjadi suatu hambatan bagi diri sendiri karena dengan adanya tujuan yang sudah direncanakan dengan baik,maka semua akan berjalan dengan baik. Tujuan saya kategorikan menjadi:
a) Tujuang jangka pendek
b) Tujuan jangka panjang
3. Kemampuan kompetensi yang baik
Kemampuan kompetensi yang baik menunjukkan bahwa sang atasan muda ini dapat bersaing dengan orang-orang sepantarannya atau yang lebih tua dibandingkan dia. Tidak peduli umur,asalkan ia mempunyai kemampuan yang layak maka ia dapat menjadi pemimpin
4. Menjalin komunikasi yang baik antar sesame
Sebagai atasan muda yang pada umumnya baru saja menjabat,selayaknya kita sering mencari referensi,membuka komunikasi dengan para anggota tim agar mendapatkan kinerja tim yang baik. Dengan cara ini atasan dapat menggali lebih dalam apa kemampuan masing masing anggota dan apa ide-ide mereka agar pekerjaan tim kedepannya semakin baik.
5. tetap mawas diri,rendah hati. Saling menghargai
Sebagai atasan muda,jangan lah merasa sombong akan kedudukan yang baru saja ia tempati,mengalahkan para pekerja yang seumuran dan yang lebih tua dibandingkan kita. Ingat,kita bekerja tidak sendiri,kita membutuhkan orang lain untuk dapat mengerjakan sesuatu dengan baik. Maka dari itu,kita harus tetap mawas diri,rendah hati terhadap teman satu tim kita. Saling menghargai adalah salah satu kunci agar para bawahan terutama yang lebih tua dapat menghargai atasan yang muda.
6. Kreatif dan innovative
Pada umumnya atasan muda dipilih karena pertimbangan bahwa pemikiran-pemikiran anak muda jaman sekarang lebih kreatif dan innovative dibandingkan dengan yang lebih tua. Atasan muda yang baik harus bisa menunjukan kekuatan ini agar para bawahan yang lebih tua menyadari mengapa anda dipilih menjadi ketua atau atasan

Itulah tadi poin-poin penting yang dapat saya ambil. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment