Friday, June 19, 2015

Tugas Teori Organisasi Umum 2 - Penulisan: cara kepemimpinan tokoh

Menganalisa kekuatan kepemimpinan George Washington

Sebelumnya,saya membahas secara garis besar kepemimpinan George Washington dari apa yang saya pelajari,kemudian dari beberapa kepemimpinan George Washington saya mendapati beberapa sifat asal kepemimpinan yang dimiliki oleh George Washington. Sebelum saya memulai,ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu bentuk asal usul kepemimpinan tersebut:
1. Reward Power : Reward power ini merupakan suatu kepemimpinan yang dicapai atas prestasi yang diberikan kepadanya. Pada umumnya seperti itu. Contohnya adalah ketika kita mengerjakan suatu hal yang baik dan memuaskan maka kita akan diberikan reward atau diberikan penghargaan atas hasil kerja kita seperti kenaikan pangkat,gaji dan lain lain
2. Coersive Power : Coersive power merupakan asal usul kepemimpinan yang berasal dari suatu tindakan yang memaksa dikarekan kedudukan atau kekuasaan yang dia miliki. Pengertian seperti ini sering dikaitkan dengan kepemimpinan yang diktaktor.
3. Referent power, kekuasaan referensi ini merupakan suatu kekuasaan yang bersumber dari referensi yang dimiliki, yaitu sifat-sifat pribadi yang positif, sehingga semakin baik sifat yang dimiliki seorang pemimpin, akan semakin banyak disukai orang lain (bawahan)
4. Expert power, kekuasaan ini bersumber dari kemampuan dan profesionalitas seseorang. Proses mempengaruhi orang lain terjadi karena keahlian yang dimiliki oleh pemimpinnya. Respek dari bawahan muncul karena pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh seseorang

Dari ke empat asal usul tadi,asal usul kepemimpinan George Washington yang dimiliki menurut saya adalah Referent dan Expert power. Berikut alasan saya
- Referent Power : dari postingan saya sebelumnya dapat dilihat bahwa George Washington mempunyai sifat pribadi yang positif yaitu peduli terhadap tentara tentara lain yang seperjuangan. George Washington memperhatikan betul orang-orang yang ada disekitarnya.
- Expert power : ketika bertugas dalam militer,George sudah menunjukkan kemampuan sebagai seorang pemimpin. Seiring dengan pengalaman yang ia alami saat bertugas,ia semakin professional dalam memimpin dan mampu menjadi seorang pemimpin yang baik bagi sesame

Itulah tadi hasil analisa singkat saya.
Dari yang dilihat tersebut,dapat dibilang bahwa setiap manusia sebenarnya mempunyai sifat asal usul kepemimpinan namun tergantung dari diri masing-masing. Beberapa sikap positif yang dapat ditiru dari George Washington adalah
1. Peduli terhadap sesame
2. Mampu bertugas secara professional
3. Disiplin
4. Karakternya yang baik sehingga membangun kredibilitas

No comments:

Post a Comment