Sunday, June 19, 2016

Tugas 4 Bahasa Indonesia 2 : Software Komputer

Komputer merupakan sebuah alat yang tentunya sudah sangat dikenal oleh hampir semua orang. Komputer biasanya digunakan sebagai alat bantu guna mempermudah pekerjaan manusia dalam pengerjaan tugasnya. Dalam komputer itu sendiri, selain perangkat keras yang menjadi penting dalam suatu operasi komputer, perangkat lunak juga merupakan perangkat penting dalam pengerjaan suatu pekerjaan dalam penggunaan komputer. Perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan untuk pengerjaan suatu hal pada komputer sehingga bisa dikatakan perangkat lunak inilah pula yang menjalankan perangkat keras.
                
Untuk menggunakan sebuah komputer hardware membutuhkan sebuah software. Software untuk lebih jelasnya adalah suatu komponen dalam sistem pemrosesan data. Komponen yang ada pada software berupa program-program dan teknik untuk mengontrol suatu sistem. Dari hal tersebut dapat dikataka software merupakan cara untuk menjembatani antara pengguna untuk menggunakan hardware dengan instruksi berupa pemograman atau inputan data. Software mempunyai beberapa fungsi diantaranya mengidentifikasi sebuah program, menyiapkan aplikasi program agar seluruh kinerja komputer terkontrol, dan membuat pekerjaan lebih efisien dan efektif.
                
Sebuah software memiliki tugas yang berbeda agar komputer dapat bekerja secara efektif dan efisien. Ada lima pengelompokkan utama software. Pertama adalah software sistem operasi, yaitu sebuah program yand diciptakan guna mengendalikan kegiatan dari sistem suatu komputer. Kerja yang dilakukan adalah mengatur keseluruhan proses yang terjadi pada komuter. Contoh dari software ini adalah Windows, UNIX, Linux, DOS, dan lain-lain. Kedua adalah software Bahasa, yaitu berupa program yang digunakan untuk menejermahkan instruksi-instruksi yang ditulis oleh Bahasa pemograman dan dimasukkan ke dalam bahasa mesin agar dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer. Contoh penggunaan software ini adalah penggunaan Visual Basic, C++, Pascal, Java, dan lain-lain.  Ketiga adalah software paket yang biasanya dibuat oleh sebuah perusahaan. Biasanya mereka menjual sebuah software dalam bentuk paket dan didalam paket tersebet terdapat software yang mempunyai beberapa aplikasi untuk digunakan dalam pengerjaan suatu hal. Contoh dari software ini adalah Microsoft Office. Keempat adalah software alat bantu, yaitu software yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaa-pekerjaan yang tidak terlalu besar pada komputer. Kerja yang dihasilkan dari software alat bantu ini adalah seperti penghapusan virus, memasukkan data kedalam CD atau DVD, aplikasi untuk mendeteksi kemampuan kinerja komputer, dan lain-lain. Contoh dari software ini adalah software-software anti-virus, PC Tools, dan Nero Burning. Software yang kelima adalah software aplikasi. Software aplikasi adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk pengerjaan suatu hal tertentu. Contoh dari aplikasi ini adalah Google Earth, Steam, StarUML, dan lain-lain. Dapat dilihat bahwa dari berbagai macam software, pengerjaan suatu pekerjaan secara spesifik akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan pengerjaan suatu hal dengan tidak menggunakan software-software pendukung tersebut.


Daftar pustaka  :

·         Kuswayatno, Lia. et al. 2007. Mahir Berkomputer. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

No comments:

Post a Comment