Sunday, June 19, 2016

Tugas 6 Bahasa Indonesia 2 : Peranan Komputer dan Manusia



          Dalam kehidupan sehari-hari manusia melakukan kegiatan yang bernama “Bekerja” untuk memenuhi hidup karena setiap dalam kehidupan pastilah ada suatu pekerjaan yang dilakukan. Bekerja pada saat dahulu dilakukan dengan cara yang manual dan masih konvesional. Hanya bantuan alat pekerjaan yang masih terhitung manual saja yang membantu kita dalam bekerja misalnya gunting, pulpen, penggaris, penghapus, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, lambat laun proses pengerjaan suatu hal yang awalnya masih dilakukan sederhana berubah menjadi maju dengan bantuan komputer. Ketika komputer datang, berbagai pekerjaan dapat dilakukan lebih mudah daripada sebelumnya. Segala proses pengerjaan yang sebelumnya lambat bisa menjadi cepat, yang sebelumnya hasilnya tidak maksimal menjadi maksimal, dan pengerjaan yang awalnya rumit bisa menjadi lebih mudah tentunya.

Komputer bukanlah benda asing dikalangan masyarakat saat ini. Setiap pekerjaan yang dilakukan sudah mulai banyak dibantu oleh komputer. Seperti yang dikutip dari Kompasiana, disebutkan bahwa manusia di zaman ini sudah sangat bergantung pada teknologi komputer dan sudah menjadi suatu hal dasar dalam memenuhi kebutuhan (vanessa mayrahma swastika, 2015, http://www.kompasiana.com/vanessams/perkembangan-teknologi-di indonesia_55547634b67e615e14ba545b). Memang jika dilihat pada kutipam tersebut komputer lah yang paling berpengaruh dalam berbagai pekerjaan yang dapat di digitalisasi dan semakin banyak pekerjaan yang dapat dikerjaan dengan komputer.


            Jika berbicara komputer sangat berpengaruh dalam pekerjaan manusia maka dapat dibilang komputer mengambil peranan penting. Ada banyak berbagai peranan komputer sesuai dengan bidang yang komputer tersebut tangani. Salah satu contoh perannya adalah penggunaan komputer dalam bidang pendidikan dimana komputer dapat membantu kita dalam proses pembelajaran. Selain itu komputer juga dapat membantu dibidang ilmiah seperti pemantauan kualitas bibit unggul dengan menggunakan teknologi komputerisasi dan masih banyak lagi. Komputer sangatlah berperan untuk memudahkan hidup manusia, bayangkan saja jika komputer belum ditemukan maka kita akan masih sangat sulit untuk mengerjakan suatu hal dalam waktu yang cepat dan efisien. Maka dari itu sangatlah berguna sekali kehadiran komputer didalam kehidupan kita.

No comments:

Post a Comment