Sunday, June 19, 2016

Tugas 7 Bahasa Indonesia 2 : Dampak Komputer terhadap Perkembangan Bisnis

Komputer sudah sangat melekat pada kehidupan kita sehari-hari. Tanpa adanya komputer, beberapa pekerjaan yang lakukan dapat menjadi terhambat contohnya pengerjaan lebih lambat, tidak efisien, dan memakan banyak sumber daya. Karena ketergantungan manusia pada komputer untuk berbagai pekerjaan inilah maka dapat dikatakan apapun pekerjaan yang dilakukan pasti dapat dilakukan dengan metode komputerisasi. Salah satu contoh adalah dalam bidang bisnis yang merupakaan bagian penting dalam pergerakan kegiatan masyarakat. Dalam hal tersebut dapat dilihat bahwa komputer dan bisnis mempunyai suatu hubungan dalam proses kerja.

 Bisnis seperti yang dikemukakan oleh Yusanto et al (2002) adalah suatu kegiatan yang meliputi : (1) produksi, (2) mencari keuntungan, (3) memenuhi kebutuhan konsumen. Dari ketiga hal tersebut dapat dikatakan Bisnis adalah kegiatan memproduksi suatu barang dan jasa untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Bisnis merupakan suatu pembahasan yang luas yang mempunyai banyak elemen di dalamnya. Bisnis biasanya dilakukan oleh suatu kelompok atau perorangan. Dalam pengerjaan bisnis ini, banyak sekali aktivitas yang dilakukan mulai dari manajemen barang, manajemen uang, manajemen sumber daya, dan lain-lain.
           
Dalam melakukan berbagai aktivitas bisnis, komputer menjadi salah satu alat yang digunakan untuk dapat membantu manusia dalam pengelolaan bisnis agar dapat dikontrol dengan baik. Komputer dalam pengaplikasiannya untuk aktivitas bisnis dapat berupa kegiatan electronic commerce. Menurut M. Suyanto dalam bukunya pengantar teknologi informasi untuk bisnis (2005) electronic commerce adalah merupakan sebuah konsep baru dalam penjualan barang menggunakan internet dan komputer sebagai perantara untuk berjualan. Dalam bisnis, penggunaan teknologi seperti ini berdampak besar untuk kemajuan suatu aktivitas bisnis. Penggunaan komputer dapat membuat transaksi kegiatan bisnis menjadi lebih otomatis dan mempermudah alur pekerjaan.


Komputer dalam penggunaannya pada bisnis electronic commerce mempunyai beberapa manfaat. Manfaat electronic commerce yang pertama adalah Pembuatan pemasaran baru. Pembuatan pemasaran baru yang dimaksud adalah dengan adanya electronic commerce maka dapat membuka peluang usaha dengan cara yang baru dengan pemanfaatan teknologi. Kedua adalah penghematan biaya, yaitu dengan menggunakan electronic commerce yang memanfaatkan internet dan komputer maka dapat memotong anggaran suatu kegiatan yang tidak diperlukan kembali sehingga biaya yang diperlukan menjadi lebih murah. Ketiga adalah pemanfaatan waktu, dengan adanya electronic commerce maka proses bisnis dapat dilakukan lebih cepat. Keempat adalah pelayanan konsumen yang mudah, yaitu dengan adanya internet pelayanan konsumen pun dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Secara garis besar,hal-hal diatas adalah beberapa manfaat pokok penggunaan komputer sebagai electronic commerce pada bisnis. Pemanfaatan komputer dalam bisnis masih sangat luas karena banyak sekali aplikasi yang dapat membantu dalam menjalankan bisnis contohnya seperti Microsoft Excel, PL/SQL, Oracle, dan Java, dan lain-lain. Pengaplikasian dari suatu pemograman untuk bisnis sangat membantu pengusaha untuk mengurangi kesalahan dan meningkatkan produktivitas yang baik.


Daftar pustaka :
·        Suyanto, M. 2005. Pengantar teknologi informasi untuk bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi

·        Yusanto. et al. 2002. Menggagas bisnis Islami. Jakarta : Gema Insani

No comments:

Post a Comment