Sunday, June 19, 2016

Tugas 5 Bahasa Indonesia : Hardware Komputer


Komputer merupakan sebuah alat yang sudah sangat sering kita jumpai sekarang. Komputer merupakan alat bantu yang biasanya digunakan untuk mempermudah suatu pekerjaan yang kita lakukan. Didalam komputer terdapat berbagai macam perangkat yang dibutuhkan agar komputer dapat berjalan dengan baik. Hardware adalah salah satu bagian perangkat yang penting selain software. Hardware sendiri pada komputer ada banyak jenisnya dan setiap hardware memiliki fungsi yang berbeda-beda.
Berdasarkan buku Student guide series : Pengenalan Hardware (2006) dikatakan bahwa hardware adalah perangkat komputer yang terdiri atas susunan komponen-komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda). Secara garis besar, hardware atau perangkat keras adalah komponen komputer yang berbentuk fisik, tidak seperti software yang bukan berupa fisik melainkan digital. Macam-macam hardware yang ada pada komputer adalah antara lain motherboard, hard disk, floppy disk, memory, VGA card, dan lain-lain. Masing masing dari hardware ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan saling bekerja sama agar komputer dapat berjalan dengan baik. Jika ada yang hilang atau rusak satu saja dari komponen hardware, biasanya komputer akan bekerja tidak maksimal bahkan bisa sampai pada tahap rusak total maka dari itu perawatan hardware yang baik perlu dilakukan guna mencegah hal tersebut terjadi.
Hardware juga terdapat berbagai macam fungsi, ada hardware yang berfungsi sebagai input, proses, dan output. Hardware input mempunyai tugas untuk menginput data baik fisik atau digital, dari luar yang akan diolah pada komputer. Contoh dari hardware input adalah scanner, keyboard, mouse, microphone, dan lain-lain. Hardware proses adalah hardware yang bertujuan untuk mengolah data. Contoh dari hardware ini adalah komputer dan berbagai komponen yang ada didalam komputer tersebut. Selanjutnya adalah hardware output, yaitu hardware yang mempunyai tugas untuk memberikan hasil keluaran dari proses yang telah dilakukan. Contoh dari hardware ini adalah printer, monitor, dan lain-lain. Dari ketiga hal tersebut maka dapat dibilang tanpa adanya hardware maka benda yang bernama komputer tidak akan ada.



Daftar Pustaka :

-       2006. Student Guide Series Pengenalan Hardware . Jakarta : PT Gramedia

No comments:

Post a Comment