Monday, June 22, 2015

Tugas Teori Organisasi Umum 2 - Menanggapi Artikel

Tak dapat dipungkiri, media merupakan salah satu hal yang sangat penting di zaman serba instan. Pemberitaan, pengetahuan, dan hal yang terjadi di seluruh dunia dapat dengan mudah didapatkan. Apalagi pengaruh media terhadap kalangan remaja.

Kemdikbud Galakan Gerakan Nasional Remaja Melek Media - kuambil,comMenilik hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mencanangkan Gerakan Nasional Remaja Melek Media sebagai upaya mendorong generasi muda dan pelajar berpikir lebih kritis terhadap pemberitaan yang disampaikan di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin.

"Hari ini kita hidup di era informasi yang luar biasa banyak, ini mengharuskan generasi muda punya kemampuan memilih dan memilah informasi tersebut," ujar Anies usai pencanangan di Auditorium Gubernur Sumbar.

Menurut dia, dahulu dulu media masih terbatas. Namun kini siapa pun dapat menjadi produsen informasi karena itu literasi media menjadi penting bagi generasi muda. Dirinya mengapresiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang mendorong gerakan melek media bagi remaja.

Ia berharap ke depan anak-anak dapat memanfaatkan informasi dengan baik dan fase berikutnya bisa menjadi produsen informasi.

Anies juga meminta jajaran pendidik di Tanah Air melek media agar dapat ditularkan kepada pelajar. Sementara Ketua Umum PWI Margiono mengatakan pihaknya bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah daerah akan membentuk tim yang membuat produk tentang komunikasi dan informasi untuk remaja.

Produk tersebut dapat berupa majalah atau media daring yang akan dibimbing oleh tim yang telah dibentuk, ujar dia.

"Ini akan dimulai dari Sumatera Barat targetnya untuk seluruh Indonesia," kata dia.

Ketua PWI Sumbar Basril Basyar mengatakan tidak semua media bisa menyerap aspirasi masyarakat karena itu ia mengajak generasi muda juga berpartisipasi meluruskan media.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber) - See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/berita/kemdikbud-galakan-gerakan-nasional-remaja-melek-media.html#sthash.1yZCRhlI.dpuf

Berdasarkan artikel diatas,memang sudah seharusnya di era sekarang ini kita menyadari akan gunanya media sebagai berbagai sarana untuk kepentingan yang lbh baik. contoh sederhananya saja ada sarana media untuk belajar seperti yang dicontohkan diberita tersebut. kedepannya media akan sangat berperan penting untuk kemajuan bangsa tapi jika digunakan untuk yang burung dapat menjadi media yang dapat membahayakan masa depan

1 comment: