Sunday, July 11, 2010

my journey in balikpapan AKA borneo-day 2 part 1


ok,hari ke 2 di balikpapan,nah disini nih bagian yang asyik. gue kan rada bingung karena di balikpapan itu beda satu jam,jadi gue bangunpun rada bingung,pada saat bangun pagi,gue liat jam di HP menunjukan pukul 5.30,berarti sekarang jam 6.30 . pada saat itu gue dibangunin sama adek gue lewat telepon hotel,nah pas udh bangun lalu mandi,gue kebawah,pergi bareng ayah dan adek,bunda masih tidur di kamar.

ketika keluar dari hotel,gue kaget jalanan sepi banget,padahal udh jam 6,gue mikir temen gue pasti yang suka ngebut demen nih keadaan begini,sepi banget. lalu,kita menuju ke daerah pertambangan minyak balikpapan. ada 3 pertambangan disini,2 pabrik pertambangan yang paling terkenal dan terbesar adalah chevron dan total,yang terakhir adalah pertamina XD

disini ternyata banyak orang bule tinggal,karena disini merupakan pertambangan minyak dan biasanya bulenya itu kerja di perusahaan pertambangan minyak total,dan bule jadi makmur disana. yang gue bingung,tanah makmur kayak begini kok biaya kebutuhan hidup di balikpapan tinggi yaa,berarti kekayaannya dirampas oleh pihak pertambangan yang ngawur kali ya.

trus dari situ,kita lanjut lagi,eh ternyata,pas terus jalan,ga taunya balik lagi ke pusat kota balikpapan,ternyata jalanannya mirip track balap,keliling gitu,ahahahaha

lalu,kita kembali lagi ke hotel,jemput bunda gue,lalu berangkat ke enklosur beruang madu.
apa itu enklosur? enklosur itu adalah sebuah tempat penangkaran atau sejenis kayak kandang yang dibuat mirip dengan habitat asli tempat binatang yang menempat didalam tempat itu (contohnya kayak T-REX yang ada di film jurrasic park 1,dan lebih luas tempatnya,jadi tidak bisa dibilang kandang juga).

pas sampai di tempat enklosur,ternyata tempatnya sepi,kata pengurusnya,kebanyakan yang datang tourist,memang kalau tourist itu sukanya wisata alam sih ya. dan yang bikin gue heran,kenapa ga warga asli kaltimnya sendiriyang banyak ngunjungin ini ya,bosen? contoh lain aja deh,warga ragunan aja sering ke ragunan tepat wisata hewan...memang sungguh disayangkan. masuk kedalam enklosur itu belum dipungut biaya,masih sukarela. kita disana melihatberuang yang sedang mencari makan,disana ada 5 beruang,3 jantan dan 2 betina,tingkah lakunya lucu lucu dari yang mau bediri untuk naik pohon,ada pula yang mematahkan ranting untuk mencari serangga,ahahaha. baru pertama kali liat beruang madu kayak gini

No comments:

Post a Comment