Friday, August 24, 2012

Opini: Smartphone gaming vs Handheld console gaming


Smarthphone gaming VS Handheld console gaming. ya,kali ini saya akan membahas fenomena yang sedang terjadi di dunia,yang bagi saya,unik,tidak seperti saya kecil dahulu. 7 tahun yang lalu,ketika saya masih SD,saya banyak melihat teman teman saya,disekolah,bermain bersama dengan gameboy,gameboy advance/advance SP,dan juga PSP. itu saya ingat ketika masih duduk di kelas 5 SD. dan dimasa itu,munculah handphone khusus gaming keluaran nokia bernama N-Gage,pasti semua tahu kan?

ok,mulai kelas 6 SD,N-Gage pun bukanlah barang hiburan gaming utama untuk mengisi waktu istirahat di masa SD saya. saya sendiri dulu punya N-gage,namun saya tidak punya Gameboy dan PSP,sehingga saya hanya melihat teman saya bermain. ketika itu,untuk game Gameboy yang sangat sering dimainkan oleh teman teman adalah game Pokemon series,PSP dengan game bola atau balapan,dan N-gage dengan game Tony Hawk,The Sims,dan juga Sonic. beberapa tahun berlalu,pamor N-gage turun drastis sehingga anak-anak untuk bermain portable gaming tetap memilih Gameboy dan PSP. lalu pada kelas 1 SMP,munculah nintendo DS. ketika itu pamornya sungguh bagus dan banyak anak-anak dan gamer membelinya. seiring waktu,DS mempunyai beberapa variasi (mulai dari yang biasa,lite,dan DSi series). PSP juga mengeluarkan variasinya berupa PSP-Go pada tahun 2009. lalu pada tahun 2010,dimulailah kembali tren mobile phone gaming,tapi dengan Smartphone. masa itu,banyak Smartphone yang mulai diandalkan untuk bermain game-game yang dikeluarkan untuk mobile phone. iPhone,iPad,Android Phone dan Galaxy Tab,banyak digunakan orang untuk selain berbisnis atau urusan pekerjaan,juga untuk gaming. dan tentu,untuk kalangan anak-anak,sekarang banyak yang dari mereka lebih memilih menggunakan Smartphone untuk urusan portable gaming.

Angry Bird,game fenomenal yang terkenal karena kemunculannya di Smartphone. gaya game yang simple dan menyenangkan,dan dibutuhkan pemikiran membuatnya jadi game yang mempunyai daya tarik khusus

game Where's My Water yang merupakan game puzzling adiktif. gaya permainannya yang menyenangkan dan juga tipe puzzlenya yang menyenangkan membuat ketagihan untuk bermainnya
game Order and Chaos Online yang merupakan game Online di Smartphone yang bergaya seperti game World of Warcraft





Pada 2011,nintendo mengeluarkan Nintendo 3DS dan Playstation dengan PS Vita-nya,namun kemunculan mereka tidak membuat pamor mobile gaming hilang. banyak sekarang kalau saya lihat,anak kecil saja berumur 7 tahun sudah membawa iPad kemana mana..dan kalaupun sedang santai di mall,atau di restoran,mereka menghabiskan waktu dengan bermain menggunakan alat Smartphone. contoh game yang keluar di Smartphone adalah Angry Birds,Where's My Water,Asphalt 5,6,dan 7,Zenonia dan masih banyak lagi. kebanyakan game-game simple dan menyenangkan yang ada di Smartphone. Smartphone pun mulai mempunyai genre game bervariasi,bahkan RPG online pun mereka ada,contohnya adalah Order & Chaos Online. kebanyakan kalo saya lihat gamenya itu lebih ke game yang ringan dan menyenangkan dan juga atraktif. namun saya lihat juga bahwa console gaming seperti 3DS dan PS Vita juga gamenya ga kalah seru,namun mungkin anak-anak sekarang lebih menyukai game yang simpel,menarik dan have fun yang bener bener fun dan atraktif seperti Angry Bird. saya sendiri masih lebih menyukai console gaming seperti 3DS dan PS Vita,karena mereka memanglah murni untuk gaming dan banyak game yang saya suka dibuat untuk console tersebut,dibuat memang untuk puregaming,namun saya juga mempunyai Smartphone yang didalamnya ada beberapa game yang masih saya suka mainkan di kala waktu senggang. console gaming menurut saya masih lebih worthed karena banyak game game yang serius,dalam artian dari segi gameplay dan juga cerita,yang tentunya menurut saya masih lebih bagus dari Smartphone Game,tentu saja dengan fitur fitur yang lebih bagus dari Smartphone game dan juga,mungkin tidak semua orang tahu,Nintendo 3DS dan juga Playstation punya game game atraktif pula yang tersedia di masing masing Store mereka,contohlah saya,pemilik nintendo 3DS,di Nintendo eShop,banyak game game indie dan game kecil yang bisa di download dan tentunya juga menyenangkan,bukan tipikal game serius. dan juga kita bisa mendownload game game yang ada pada jaman NES,SNES,dan Gameboy.



game Persona 3 Portable (1) game eksklusif untuk PSP,New Super Mario Bros 2 (2) untuk console Nintendo 3DS,Persona 4 Golden (3) untuk PS VIta,dan pokemon Black/White (4) untuk Nintendo DS



jadi,menurut saya,masing masing punya plus-minusnya sendiri. jadi,kalian merupakan tipe gamer portable yang condong ke mana? Smartphone atau Handheld gaming console?

No comments:

Post a Comment